Amankah Tempe dikonsumsi Kucing?


“Makanlah sesuai aturannya” pernah dengar istilah ini? Ternyata itu juga berlaku pad kucing loh! Aturan disini mencakup apa yang dimakan dan waktu yang tepat. Kucing sudah sewajarnya makan makanan kucing seperti wet food, dry food, snack kucing, ikan-ikanan, daging-dagingan, namun bagaimana dengan kucing yang makan tempe? Memangnya kucing mau? Memangnya aman dikonsumsi kucing?



Pada dasarnya tempe bukanlah makanan kucing, namun bisa jadi ada beberapa kucing liar yang ternyata suka makan tempe. Jadi tidak semua kucing mau makan tempe, sebaiknya jika kucingmu tidak mengkonsumsi tempe maka jangan dikasih tempe. Sebab jika diberi makanan sembarangan, kucing dengan ras khusus bisa saja menurunkun kualitas kucing tersebut, missal dari segi bulunya bisa saja rontok dan lainnya.


Namun untuk kucing tertentu yang mau dan sudah terbiasa makan tempe, maka sebaiknya campurkan tempe dengan komponen lainnya. Sehingga kebutuhan nutrisi kucing tetap terpenuhi. Tempe sendiri merupakan makanan nabati seperti makanan kemasana dry food kucing yang mana biasanya terbuat dari gandum. 


Apabila sama-sama dari komponen nabati, maka seharusnya tempe juga boleh untuk dikonsumsi setiap hari. Dengan catatan tambahan protein lainnya seperti telur, ikan, ayam, daging dan lainnya.


Untuk cara penyajian tempe sendiri perlu diperhatikan. Ketika memberikan tempe pada kucing, pastikan tempe yang akan kamu berikan dalam kondisi matang. Kamu bisa mengkukus atau meresbus tempe terlebih dahulu. Jika kamu memberikannya dalam kondisi mentah maka akan berbahaya bagi kucing.



Kamu juga bisa menambahkan nasi dan ikan ikanan untuk menambah tekstur dari makanan kucing tersebut. Catatan untuk kucing kamu yang tidak pernah makan nasi, maka jangan coba-coba untuk memberinya karena hal ini bisa merusak system pencernaan kucing. Kamu juga bisa menambahkan wet food sebagai tambahan aroma untuk memikat kucing makan. 


Jika dilihat lagi tempe mengandung banyak sekali manfaat untuk Kesehatan, dilansir dari Kemenkes, bahwa manfaat tempe diantaranya adalah dapat meningkatkan system kekebalan tubuh karena terdapat kandungan probiotik dan antioksidan isoflavone. 


Tempe juga bisa mencegah osteoporosis karena kandungan kalsium dan vit. K yang tinggi, serta dapat mencegah penyakit jantung dan menjaga keseatan jantung pula. Ini dikarenakan tempe mengandung antioksidan, antiflamasi, berbagai vitamin yang bersifat hipokolestrolemik atau menurunkan lemak darah. 


Paling umum dan telah diketahui oleh masyarakat bahwa tempe dapat mencegah berbagai penyakit pada saluran pencernaan. Memiliki probiotik yang terkandung didalamnya seringkali diartikan bahwa tempe membuat lancarnya pencernaan. Tidak hanya lancar, tapi tempe juga menjaga system pencernaan pula.


Selain bermanfaat untuk Kesehatan, ternyata tempe juga bermanfaat untuk kamu yang sedang diet loh, kandungan baiknya yang melancarkan system pencernaan inilah yang membuat tempe sangat tepat dikonsumsi bagi kamu yang diet. 


Tidak hanya diet, tempe jga baik untuk diabetes, konsumsi tempe bisa menetralkan Kembali kadar gula darah pada penderita diabetes. Serat pangan, protein nabati serta isoflavon memang baik dikonsumsi sehingga dapat menurunkan resistensi insulin. Serta baik pula untuk menurunkan kadar kolesterol LDL atau lemak jahat.


Nah sebenarnya ada nggak sih manfaat memberi kucintg makanan tempe ini? Ternyata ada banyak manfaat dari mengkonsumsi tempe bagi kucing. Yaitu sebagai alternatif protein nabati, memiliki kandungan tinggi serat untuk menyehatkan saluran pencernaan kucing, mengandung banyak vitamin dan juga probiotik yang baik untuk Kesehatan kucing, terakhir yaitu bisa digunakan untuk mengganti makanan kucing saat kucing  mengalami diare.


Postingan Terkait

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *