Sudah Tau Cara Mengukur Berat Ideal Kucingmu? Yuk Pelajari Bersama

 

Tubuh kucing salah satu bagian yang paling disoroti setelah butu dan wajah kucing. kucing yang sehat ditandai dengan kucing yang memilki berat badan ideal. Ideal itu bukan terlalu gemuk atau tidak juga terlalu kurus ya.


Mengukur berat badan ideal kucing yang perlu diperhatikan pertama adalah usia kucing. sebab sama halnya dengan manusia, kucing juga punya patokan berat badan sesuai usianya. Misal saja pada usia 0 hingga 6 minggu kucing umumnya memilki berat >0.35 Kg, untuk kucing usia >6 minggu hingga 9 minggu biasanya akan berbobot antara 0,36 kg hingga 0,9 kg.


Ketika berusia 3 bulan barulah kucing wajar jika memilki berat 1 sampai 2 kg. Sedangkan ketika >3 bulan hingga dewasa kucing bisa menembus angka 5,5 kg untuk berat tubunya. Selain mempertimbangkan usia kucing, hal selanjutnya yang dapat dijadikan tolak ukur ideal adalah ras kucing itu sendiri, sebab tiap ras kucing memilki ciri dan bentuk tubuh yang berbeda-beda.


Untuk ras yang seringkali kita temui adalah kucing lokal atau kampung dengan berat badan dewasa menginjak 4 hingga 5 kg. Pada kucing Persia hampir sama dengan kucing kampung, yaitu sekitar 3 hingga 5.5 kg sesuai juga ukuran bulunya, karena bulu lebat pada kucing juga mempengaruhi beratnya.


Sedangkan pada kucing anggora, berat badan jantan mencapai 3.5 sampai 5 kg saja dan pada kucing betinanya 2.5 sampai 4 kg lebih kecil daripada kucing jantannya. Ras selanjutnya adalah Exotic Shorthair yang memiliki berat ideal sekitar 3.6 hingga 5.8 kg.


American shorthair juga nyaris sama dengan Exotic, hanya saja berat ideal maximalnya menyentuh angka 6.8 kg. Ada pula kucing Siam dan kucing Birma yang memilki berat badan ideal yang sama persis yaitu 3.1 – 6.3 kg. Lebih berat sedikit lagi, kamu akan menemukan Ragdoll, kucing yang cukup tinggi pula ini juga memilki berat ideal 3.8 sampai 8.1 kg yaitu cukup berat.



Ras kucing yang memilki berat ideal maksimal adalah kucing ras Maine Coon yang memang diketahui memiliki tubuh yang tinggi dibandingkan kucing lainnya. Yangamana berat ideal nya mencapai 5 hingga 11.3 kg.


Sebenarnya apasih manfaat mengetahui berat badan ideal dari kucing peliharaan kamu? Manfaatnya tentu saja untuk mengetahuia apakah kucing kamu sedang dalam kondisi baik-baik saja atau tergolong sehat, berkecukupan nutrisi dan gizi.


Apabila berat kucing lebih kecil dari berat idealnya itu menandakan kurangnya asupan yang masuk pada kucing. Baik itu makanan yang bergizi, vitamin atau bisa juga karena terdapat penyakit tertentu yang sedang menyerang kucing. Dengan mengetahuinya, maka kamu sebagai majikan dapat menentukan langkah apa seharusnya yang dapat menambah berat kucingnya.



Sebaliknya, jika berat kucing melebihi dari berat idealnya maka langakah yang perlu kamu lakukan sebagai majikannya adalah menerapkan pola makan teratur, tidak boleh makan sembarangan dan lakukan diet ringan pada kucing. Diet yang dimaksudkan adalah mengurangi presentase makanan yang biasanya masuk ke mulut bukan tidak memberinya makan sama sekali.


Langkah perawatan dapat dengan mudah ditentukan sebab kita akan mengetahui kucing mana yang obesitas dan kekurangan gizi. Kita juga akan mengetahui penyebabnya dan mulai memberbaiki akar masalah hingga tuntas dan kucing menjadi sehat, aktif bermain dan lebih ceria dengan tubuh ideal yang mempermudah kucing dlam bergerak secara leluasa.

Postingan Terkait

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *